Tuesday, February 10, 2015

SIAPAKAH KONSELOR PROFESIONAL ANDA ?


Konselor Profesional adalah seseorang yang telah terbekali melalui ilmu psikologi dan konseling.Dengan menamatkan pendidikan khusus konseling dengan bergelar Magister Konseling dan Sarjana Psikologi (khusus untuk Konselor Anak)
Seorang Konselor Profesional berbeda dengan Psikolog. Konselor Profesional bukan hanya harus menguasai ilmu Psikologi  baik Psikologi secara mendasar seperti Psikologi Umum, Psikologi Kepribadian, Psikologi Perkembangan, Psikologi Abnormal namun juga harus menguasi tehnik-tehnik konseling secara ahli. Karena mengkonseling klien dengan tingkat permasalahan yang sudah tinggi tidak mudah, memerlukan penguasaan skill yang memadai dan juga jam terbang yang tinggi. Selain itu diperlukan juga kemampuan untuk memegang kode etik profesional konselor secara memadai dan kemampuan membangkitkan rasa percaya klien untuk mau membuka diri sejujurnya demi mendapatkan bantuan untuk menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Konselor Profesional sebaiknya juga sudah terbekali dari pengalaman hidupnya sendiri sehingga dapat memiliki persepektif luas ketika melihat permasalahan yang dihadapi oleh Klien.
Skill yang harus dikuasai dan terasah yang dimiliki oleh Konselor Profesional  dalam praktek Konseling yang dijalani antara lain Verbal Skill, Awareness Body Language Skill, Observation Skill, Building Rapport Skill, Responding Skill, Acceptance Skill, Listening Skill, Reflection Skill, Focusing Skill, Intuitive Skill, Understanding Skill, Emphatic Skill, Analytic Skill, Reframing Skill dan Solving Skill.
Namun diatas segala pengetahuan yang dapat dipelajari secara kognitif, Konselor Profesional yang dapat diandalkan haruslah memiliki KEPEKAAN melalui :
  • Listening (mendengarkan)
  • Emphaty (berempati dengan diri Anda)
  • Understanding (mengerti akan persoalan yang Anda hadapi)
  • Acceptance (penerimaan akan diri Anda secara utuh)
Dan kepekaan itu dapat terasah selain melalui jam terbang Konseling juga melalui pengalaman hidup yang telah dialami oleh Konselor itu sendiri. Konselor yang telah mengalami berbagai asam garam kehidupan akan lebih menguasai berbagai Skill karena tidak hanya sekadar mempelajari tapi juga telah menjalaninya secara pribadi.
Komposisi yang tepat antara pendidikan dalam bidang khusus konseling, terbekali dengan pengalaman hidup serta jam terbang praktek konseling yang telah lebih dari 5 tahun akan memberdayai konselor untuk mampu menjadi fasilitator bagi klien untuk menemukan solusi dalam masalah hidupnya.
Dalam www.konselingkeluarga.com dan www.konselingpernikahan.com ada tiga konselor  yaitu  Elly Nagasaputra, MK (Konselor Pernikahan), Ms. Kay S. Psi (Konselor Anak dan Remaja ) dan Merry T.S Pelealu, MK (Konselor Dewasa Muda)
Untuk Ibu Elly dan Ibu Merry, keduanya telah menempuh jenjang pendidikan Magister of Arts in Counseling dan telah terbekali dengan jam terbang lebih dari 6 tahun sebagai Konselor serta pengalaman hidup menjalani kehidupan berkeluarga diatas 18 tahun.
Khusus untuk Konselor Anak dan Remaja  kami yaitu Ms. Kay, S. Psi (Intern) merupakan Psikolog Intern dari Universitas Pelita Harapan. Ms. Kay telah berpengalaman lebih dari 3 tahun dalam menangani anak-anak. Beliau juga terlibat dalam pendidikan anak usia dini, khususnya di bidang musik yaitu piano dan biola. Dimana dalam proses konselingnya, Ms. Kay juga mengkombinasikan tehnik  musik  terapi pada anak.

No comments:

Post a Comment